Thursday, November 29, 2012

film grammar suroboyo


“Don’t Look Surabaya Just From The Grammar“. Kata-kata itulah yang mengingatkan saya mengenai film independen buatan Sholikin atau lebih akrab disapa si_ikin. Film pertama yang diberi judul “Grammar” (2007), produksi Gathotkaca Studio ini, cukup menarik perhatian penonton khususnya dari Surabaya sendiri. Sukses dengan film pertamanya, Cak Ikin membuat Film “Grammar Suroboyo” kedua, ketiga, dan seterusnya.

Disetiap karyanya, Cak Ikin selalu memasukkan unsur-unsur kedaerahan dan kebudayaan serta isu-isu hangat yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Tujuannya, agar film mudah diterima masyarakat dan sebagai bentuk usaha pelestarian kebudayaan lokal yang mulai pudar ditengah kehidupan modern ini.
Pemeran utama film ini, memakai binatang Ikan Suro (Hiu) dan Boyo (Buaya) sebagai representasi kota Surabaya itu sendiri. Dan pemeran lainnya seperti, Pak Wow, Cak Sapi’i juga merupakan representasi bagian masyarakat Jawa Timur.

Film-film Si Ikin tidak hanya untuk orang dewasa saja, baru-baru ini Si Ikin kembali membuat film “Culo Boyo Juniol”. Kalau yang ini filmnya buat anak-anak, karena isinya tanpa misuh. Tapi unsur-unsur kedaerahan dan kebudayaan tetap ada dalam film ini. Film ini dibuat untuk menceritakan masa kecil dari Suro dan Boyo. Dan sekarang, Culo Boyo Juniol sudah sampai di film keduanya “Culo Boyo Mekitik” (2012).
Mengenal budaya memang bisa darimana saja, termasuk media film. Dan menurut saya selayaknya kita patut mencontoh Si Ikin yang berupaya melestarikan budaya daerah melalui karya-karyanya. Jika ingin tahu lebih banyak, silahkan mengunjungi http://www.gathotkacastudio.com/ :)

 



Untuk download film grammar suroboyo lengkap, silahkan klik link dibawah ini :

GRAMMAR SUROBOYO 1 Download
GRAMMAR SUROBOYO 2 Download
GRAMMAR SUROBOYO 3 Download
GRAMMAR SUROBOYO 3.5 Download
CULOBOYO JUNIOL Download

Password : www.mahardinata88.blogspot.com





0 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment